Jenis-jenis ISO dan Penerapannya

Dengan jenis-jenis ISO yang ada, sebuah perusahaan dapat memilih sertifikat ISO yang mereka inginkan untuk menjadi panduan dari sistem manajemen yang mereka miliki melalui sebuah proses sertifikasi yang dapat dibantu oleh lembaga sertifikasi pihak ketiga yang dipilih.

Lembaga sertifikasi tersebut haruslah sudah terakreditasi, yang artinya perusahaan ini harus diperiksa serta diakui oleh badan otoritas khusus lainnya agar dianggap layak serta tepat untuk mengesahkan perusahaan lain yang membutuhkan sertifikat ISO.

Tujuan ISO sendiri adalah untuk menerapkan standar internasional dengan mendapatkan sertifikat setelah melalui proses sertifikasi seperti audit dan metode penerapan standar.

Sebelum menetapkan atau memilih standar ISO yang cocok untuk sebuah perusahaan, ada baiknya bahwa perusahaan tersebut mengetahui berbagai macam ISO yang ada.

Beberapa standar ISO bahkan dapat digabungkan di dalam suatu sistem manajemen sebuah perusahaan untuk bekerja sama meningkatkan tingkat efisiensi serta produktivitas perusahaan tersebut.

Beberapa jenis-jenis ISO adalah standar-standar yang lebih populer daripada standar-standar lainnya karena mereka secara global dapat digunakan oleh tipe industri atau perusahaan apapun dan dengan ukuran apapun dari perusahaan tersebut.

Sebagai contoh, penerapan dari ISO 9001, ISO 14001, serta ISO 28000 adalah tiga penerapan ISO yang sangat banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

ISO 9001 merupakan model standarisasi untuk penerapan sistem manajemen yang di desain di dalam pengembangan produksi, instalasi serta jasa atau pelayanan.

Ada beberapa jenis dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001, diantaranya adalah dokumen manual kualitas – dokumen strategis yang berisikan persyaratan serta kebijaksanaan kualitas yang dikeluarkan oleh manajemen, dokumen prosedur-prosedur – dokumen yang ditulis untuk mencapai kebijaksanaan kualitas yang dinyatakan di dalam dokumen kualitas, dokumen instruksi – dokumen operasional yang berisikan instruksi-instruksi tertulis yang dikeluarkan sebagai bagian dari implementasi dokumen-dokumen prosedur, dan dokumen formulir – dokumen database yang berisikan catatan-catatan kualitas.

ISO 14001 merupakan standar yang berbeda dengan ISO 9001 dimana standar ini berisikan persyaratan-persyaratan sistem manajemen yang berhubungan dengan lingkungan.

Dalam hal ini, lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan sekitar ruang lingkup kerja dari perusahaan tersebut.

Konsep yang dipakai biasanya sama dengan konsep yang digunakan oleh ISO 9001.

Perusahaan yang akan menerapkan standar ISO 14001 ini harus dapat melakukan identifikasi terlebih dahulu terhadap aspek serta dampak operasional terhadap lingkungan sekitarnya.

Selain berusaha untuk mengurangi polusi atau limbah sebagai dampak dari kegiatan atau operasional bisnis dari perusahaan tersebut, standarisasi ini juga dapat membantu mengontrol penggunaan air, bahan bakar serta energi.

ISO 28000 merupakan standar sistem manajemen keamanan yang bisa diaplikasikan ke dalam rantai pasokan produk.

Standar ini diterapkan terutama untuk perusahaan-perusahaan yang mempunyai risiko keamanan tinggi seperti hotel atau bank.

Biasanya standar ini banyak diterapkan untuk industri atau perusahaan yang berhubungan dengan masyarakat seperti di dalam fasilitas umum.

Selain dari 3 standarisasi ISO tersebut, masih banyak lagi standar ISO yang dapat diterapkan di dalam sebuah perusahaan.

Proses sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat-sertifikat ISO ini sangat mudah terutama apabila dokumen-dokumen yang diperlukan telah terpenuhi.

Untuk membantu sebuah perusahaan dalam mendapatkan sertifikat tersebut, mereka biasanya menggunakan lembaga sertifikasi yang juga dapat memberikan jasa atau layanan auditor serta konsultan untuk membantu dan mempercepat proses sertifikasi perusahaan dengan sertifikat ISO yang diinginkan.

Pilihan dari berbagai jenis-jenis ISO yang akan diterapkan kepada sebuah perusahaan bisa mengikuti jenis usaha atau bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *