Mutu dan Kualitas Manajemen di Sertifikat ISO 9001 Tahun 2008

Sertifikat ISO 9001 tahun 2008 menetapkan persyaratan untuk mengendalikan mutu serta kualitas sistem manajemen suatu organisasi atau perusahaan.

Sertifikasi ini digunakan untuk secara konsisten menyediakan hasil produksi yang sesuai dengan persyaratan peraturan-peraturan yang berlaku dan juga bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang lebih efektif.

Tidak hanya sebagai paduan saja, tetapi juga untuk membantu proses perbaikan sistem secara berkelanjutan dengan jaminan yang sesuai terhadap pelanggan tanpa melupakan persyaratan perundang-undangan dari peraturan yang berlaku di negara tersebut.

Standar ISO 9001 bukan digunakan untuk mengatur produk tertentu, melainkan untuk membantu sistem manajemen di perusahaan tersebut supaya operasional bisnis yang dijalankan dapat berjalan lebih baik lagi.

ISO 9001:2008 ini telah dikembangkan untuk mengenalkan klarifikasi persyaratan ISO 9001:2000 untuk meningkatkan kompatibilitasnya dengan ISO 14001:2004.

Standar ini sendiri pun tidak memperkenalkan persyaratan tambahan serta tidak merubah maksudnya, melainkan hanya penerapan revisi-revisi yang diperlukan.

Untuk organisasi atau perusahaan yang sudah mendapatkan ISO 9001:2000, mereka harus diberi status yang sama dengan mereka yang telah menerima Sertifikat ISO 9001 tahun 2008 yang baru.

Karena tidak ada persyaratan baru yang diperkenalkan di dalam revisi edisi 2008 ini, penggunanya dapat memperoleh keuntungan dari klarifikasi standar ISO itu sendiri serta dari versi sebelumnya untuk mempertimbangkan apakah klarifikasi baru yang diperkenalkan berdampak yang signifikan kepada mutu dan kualitas dari sistem manajemen yang mereka miliki.

Untuk membantu sebuah organisasi atau perusahaan untuk memiliki pemahaman penuh tentang revisi ISO 9001 ini, mereka harus memiliki pengetahuan tentang proses dari revisi yang sudah dilakukan serta bagaimana revisi tersebut dapat mencerminkan serta membantu suatu sistem manajemen untuk berjalan lebih lancar dan lebih berkembang.

Sebagai alat yang digunakan untuk menilai dampak dan juga manfaat untuk perubahan yang efektif serta sifnifikan terhadap produktifitas dari operasional bisnis yang dilakukan, standar ini juga dapat digunakan untuk menentukan perubahan-perubahan yang diperlukan oleh sebuah sistem manajemen di dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Manfaat dari revisi ISO 9001:2008 terbagi dalam kategori berikut:

  • Memberikan kejelasan yang lebih terhadap standar yang sudah ada
  • Meningkatkan kompatibilitasnya dengan ISO 14001
  • Menjaga konsistensi dengan standar keluarga ISO 9000
  • Meningkatkan translatabilitas

 

Akreditasi dari sertifikat ini tidak akan diberikan sampai dengan penerbitan sertifikat tersebut sebagai standar internasional dan juga sesuai dengan kesetaraan nasional yang berlaku setelah publikasi resmi dari audit rutin serta sertifikasi ulang dari sertifikat yang sudah didapatkan.

Perusahaan atau organisasi yang sudah mendapatkan sertifikasi dari ISO 9001:2008 ini harus menghubungi badan atau lembaga sertifikasi yang menerbitkan sertifikat mereka untuk menyetujui sebuah program untuk menganalisa serta mengaudit klarifikasi yang ada di dalam sistem manajemen mutu masing-masing untuk memperbarui sertifikat yang mereka miliki.

Organisasi yang sudah mempunyai sertifikasi ISO 9001:2000 memiliki status yang sama dengan sertifikat ISO 9001:2008 selama masa koeksistensinya.

Sebagai standar internasional yang terkait dengan mutu serta kualitas dari sebuah sistem manajemen, sertifikasi ini berlaku untuk semua organisasi atau perusahaan dari semua jenis sektor bisnis dan kegiatan yang dilakukan.

Bila semua prinsip dari manajemen mutu ini diadopsi sepenuhnya, prinsip-prinsip ini dengan mudah dapat membantu kinerja sebuah perusahaan atau organisasi secara berkelanjutan untuk jangka waktu yang panjang.

Sertifikat ISO 9001 tahun 2008 yang baru dapat memastikan kepuasan pelanggan secara signifikan serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi sebuah organisasi atau perusahaan.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *