Cara Mendapatkan Sertifikat ISO Secara Mudah

Cara mendapatkan Sertifikat ISO di jaman modern sangatlah mudah, bahkan dengan banyaknya persyaratan dan penilaian yang harus dilakukan oleh lembaga atau badan sertifikasi sebelum menerbitkan sertifikat yang diinginkan.

Dengan persiapan yang tepat dan pemahaman yang baik tentang apa yang dibutuhkan oleh sertifikasi ISO tertentu, kebanyakan perusahaan atau organisasi mengharapkan untuk mendapatkan sertifikat mereka dalam waktu 3 sampai 6 bulan tergantung pada ukuran serta kompleksitas bisnis mereka masing-masing.

Pada saat proses untuk penilaian sertifikasi tersebut, memiliki seorang auditor (internal atau eksternal) sangatlah penting.

Pengalaman untuk melakukan penilaian kualitas, mutu serta persyaratan sistem manajemen sertifikat sangat dibutuhkan oleh internal atau eksternal auditor untuk membantu sebuah perusahaan dalam mendapatkan sertifikasi yang diinginkan.

Pada awalnya, penilai atau auditor akan memastikan bahwa sistem manajemen yang tertulis di dalam manual atau panduan perusahaan tersebut memenuhi standar ISO yang diinginkan dan sesuai dengan operasional bisnis yang ada.

Apabila disaat proses penilaian tersebut terlihat bahwa manajemen perusahaan tersebut mempunyai area-area kekurangan, maka potensi perbaikan sistem akan dilakukan secara bertahap.

Setelah perubahan yang perlu sudah dilakukan, maka perusahaan tersebut kemudian akan siap untuk tahap penilaian sertifikasi selanjutnya.

Di dalam suatu cara mendapatkan sertifikat ISO dan prosesnya, untuk penilaian sistem biasanya bisa dilakukan oleh auditor internal atau eksternal, tetapi untuk memastikan bahwa sebuah perusahaan bekerja sesuai dengan persyaratan sistem manajemen dari sertifikat yang diinginkan dan sesuai standar, biasanya penilaian ini dilakukan oleh badan atau lembaga independen dari pihak ketiga.

Interconformity GmbH dengan mudah dapat menjadi pihak ketiga yang dapat membantu sebuah perusahaan mendapatkan sertifikasi yang dibutuhkan.

Perusahaan atau organisasi harus mempunyai tujuan yang jelas tentang operasional bisnis yang mereka jalankan sebelum menjalankan proses sertifikasi untuk menjadi sebuah perusahaan yang lebih diakui dan terakreditasi.

Perusahaan tersebut pun harus siap untuk menggabungkan standarisasi dari sistem manajemen yang ada di dalam sebuah sertifikat ke setiap area di dalam operasional bisnis yang mereka jalankan.

Semua staf juga harus menyadari apa yang diharapkan dari mereka dan dimana tanggung jawab mereka berada pada saat mereka menjalankan bisnis di ruang kerja untuk mencapai sertifikat ISO yang diinginkan.

Dalam proses penilaian untuk mendapatkan sertifikat ISO biasanya akan diperlukan dokumentasi yang lengkap dan sesuai dengan standar sistem manajemen mutu dan kualitas.

Dokumen tersebut akan menentukan:

  • Struktur organisasi
  • Manajemen yang bertanggung jawab untuk mencatat informasi yang harus masuk dan tercatat di dalam catatan dokumentasi
  • Tanggung jawab para pekerja dan karyawan
  • Sistem komunikasi di dalam seluruh perusahaan
  • Tindakan yang dibutuhkan dalam mengatasi masalah di ruang kerja
  • Penetapan kontinuitas sistem kerja yang harus dipertahankan saat perubahan staf atau pekerja

Langkah-langkah yang harus diperhatikan pada saat proses sertifikasi sangat penting dalam menentukan perusahaan tersebut.

Langkah yang paling utama untuk sebuah perusahaan atau organisasi mana pun adalah untuk memastikan bahwa standar yang dipilih adalah cocok untuk jalannya operasional dari bisnis tersebut.

Selain dari itu, harus dipastikan juga bahwa bisnis itu sudah berjalan setidaknya selama 3 bulan.

Hal ini diharuskan, agar auditor dapat menilai dan meninjau beberapa proses dan area di dalam sebuah perusahaan.

Apabila menggunakan lembaga sertifikasi bantuan, maka proses serta cara mendapatkan Sertifikat ISO sangatlah mudah karena badan sertifikasi seperti Interconformity GmbH memiliki referensi konsultan ISO yang dapat membantu keseluruhan prosesnya dari awal sampai akhir penerbitan sertifikat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *