Macam-macam Standar ISO Generik dan Khusus

Macam-macam ISO yang ada sebagai standarisasi skala internasional untuk perusahaan-perusahaan di seluruh dunia digunakan untuk menyamaratakan sebuah standar untuk digunakan bersama-sama agar kerjasama bisnis yang dilakukan oleh satu perusahaan dan perusahaan lainnnya dapat berjalan dengan lancar.

Standar ISO inipun termasuk relatif baru di dalam banyak perusahaan atau organisasi. Inilah salah satu alasan mengapa pedoman ISO bisa disebut sebagai suatu standar pembuatan produk atau jasa untuk jangka waktu yang lama.

Sertifikasi dari berbagai macam perusahaan atau organisasi menjadi lebih umum apalagi dengan tambahan sertifikat ISO di dalam penerapannya untuk pelayanan dan lebih spesifik lagi untuk satu industri bisnis.

Standar-standar ISO ini adalah standarisasi yang dikembangkan oleh komite spesifik yang berisi tentang serangkaian persyaratan dan spesifikasi sebagai pedoman atau aturan yang harus diikuti oleh sebuah perusahaan atau industri.

Standar sertifikasi ISO ini bukanlah standar yang digunakan oleh sebuah produk, melainkan untuk manajemen dari perusahaan tersebut untuk membantu proses operasional bisnis dan tidak mempunyai persyaratan untuk produk tertentu saja.

Bahkan seandainya proses operasional yang terkontrol sekalipun menghasilkan produk yang bagus, standar-standar ISO yang digunakan tidak dapat dianggap sebagai jaminan dari produk-produk yang dihasilkan.

Ada standar generik dan ada juga standar khusus di dalam standar-standar ISO ini.

Macam-macam ISO generik ini biasanya digunakan untuk tujuan sertifikasi, sebagai contoh ISO 9001:2000 dan ISO 14001:1996.

Dua standar sertifikasi ISO tersebut mempunyai kriteria yang penting dalam menerapkan sistem pengelolaan mutu serta lingkungan. Standar-standar inipun dengan mudah dapat diterapkan di dalam perusahaan dengan segala ukuran atau jenis.

Karakteristik lainnya dari standar generik ini adalah dengan standar manajemen yang harus digunakan oleh manajemen tertinggi di dalam perusahaan tersebut sebagai panduan untuk seluruh pekerja di dalam sebuah perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan sekitarnya.

READ  Mengenali Tipe dan Macam-macam Sertifikat ISO

Selain standar generik, ada juga beberapa standar ISO yang merupakan standar khusus.

Standarisasi ISO ini hanya digunakan sebagai pedoman atau panduan dari suatu orientasi. Standar-standar tersebut tidak dimaksudkan untuk tujuan sertifikasi melainkan penggunaan untuk pendekatan yang lebih teknis atau spesifik.

Inilah alasan mengapa mereka dapat digunakan sebagai pedoman dan panduan untuk mengatur atau menstandardisasi suatu proses agar mendapatkan hasil yang baik. Panduan yang diberikan oleh standar ISO seperti ISO 15189:2003 (Laboratorium medis) sangat berguna untuk memahami bagaimana persyaratan standar sertifikasi generik dapat diterapkan kepada aktivitas tertentu.

Perbedaan antara standar generik dan khusus ini adalah, dimana standar generik bisa digunakan secara global untuk semua perusahaan dan standar khusus biasanya digunakan untuk industri dengan jenis tertentu.

Meskipun standar ISO ini dibuat oleh organisasi non-pemerintah, standar yang diciptakan mempunyai kemampuan untuk menetapkan standar yang tinggi dan melalui hukum atau peraturan yang ada di dalam suatu negara dapat membuat standar-standar tersebut sebesar skala global yang mempunyai pengaruh yang sangat besar terutama untuk organisasi-organisasi non-pemerintah. Di dalam prakteknya macam-macam ISO ini menjadi jembatan di dalam hubungan yang kuat untuk berbagai macam pihak, organisasi atau perusahaan, terutama untuk mereka yang termasuk di dalam satu badan standar internasional di setiap negara yang menggunakannya.

Sebuah perusahaan dapat memilih sertifikasi yang mereka inginkan dan apabila mereka ingin menggunakan lebih dari satu standar sertifikasi. Mereka juga bisa menggabungkan antara dua sertifikasi atau lebih untuk lebih menguntungkan dalam operasional bisnis efektifitas yang mereka jalankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *