Manfaat ISO 9001 di Pasar Global

Manfaat ISO 9001 untuk sebuah perusahaan atau organisasi di pasar bisnis lokal atau internasional sangatlah besar dan berpengaruh.Manfaat ISO 9001

ISO 9001 itu sendiri adalah standarisasi yang diterapkan melalui sertifikat yang ditujukan dalam sistem manajemen untuk peningkatan mutu serta kualitas layanan atau produk yang dihasilkan.

Proses Sertifikasi ISO 9001 untuk sebuah perusahaan dimulai dengan keputusan untuk menggunakan dan menerapkan sertifikasi tersebut sebagai dasar untuk sistem manajemen mereka.

Setelah itu, perusahaan dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk mendokumentasikan sistem mereka dengan memanfaatkan persyaratan dari ISO 9001 sebagai pedoman untuk apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

Implementasi dari standar ISO 9001 ini selesai setelah perusahaan dapat mempertahankan  sistem manajemen yang diterapkan dalam jangka waktu yang lama, setelah melakukan audit internal dan setidaknya beberapa peninjauan manajemen terhadap sistem tersebut.

Dengan adanya sertifikat ISO 9001, sebuah perusahaan dapat menjadi lebih efektif di dalam peluangnya terutama di dalam pasar global untuk berhubungan dengan perusahaan lain dalam skala internasional.

Kualitas dan mutu dari sistem manajemen yang ada di dalam perusahaan tersebut dituntut untuk dipertahankan dan ditingkatkan sehingga sertifikasi ISO 9001 ini bukan hanya tinjauan yang dilakukan hanya sekali saja. Kesepakatan dengan sebuah lembaga atau badan sertifikasi berlanjut bahkan setelah audit awal (audit sertifikasi) dan biasanya mereka juga dengan rutin melakukan audit rutin untuk sistem (audit pengawasan atau pemeliharaan) yang dilakukan dalam siklus waktu selama 3 tahun. Satu tahun pertama, audit sertifikasi awal akan membantu melihat keseluruhan tentang sistem manajemen yang ada dan 2 tahun berikutnya hanya melakukan audit pemeriksaan sebagai bagian dari proses pemeliharaan sistem manajemen tersebut.

Mendapatkan sertifikasi ISO seperti ISO 9001 mempunyai banyak manfaat yang dapat berguna untuk sebuah perusahaan maupun pelanggan serta klien yang bekerjasama dengan mereka. Manfaat ISO 9001 yang dapat membantu suatu perusahaan, di antaranya:

  • Perbaikan dalam cara organisasi serta melakukan bisnis dengan perusahaan lain
  • Memberikan panduan untuk lebih meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dengan memenuhi persyaratan yang ada
  • Peningkatan peluang pasar secara lokal dan internasional
  • Persaingan yang lebih baik secara global
  • Meminimalkan limbah serta pengerjaan ulang dari bisnis operasional yang dijalankan sehari-hari
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada perusahaan tersebut
  • Peluang untuk memperbaiki bisnis dari dasar bagian sistem manajemen mereka untuk menjadi lebih baik dalam jangka panjang

 

Dengan menerapkan standar ISO 9001 ini, pelanggan dan pengguna mendapatkan keuntungan dengan menerima produk dan layanan yang sesuai dengan persyaratan serta bisa diandalkan dan terpercaya.

Selain itu, pemilik serta investor juga mendapatkan keuntungan dari penerapan ISO 9001 ini dengan meningkatnya keuntungan atas investasi yang mereka lakukan karena peningkatan hasil operasional dan peluang pasar yang mereka dapatkan.

Penerapan dari standar inipun dapat memberikan semua pekerja di dalam perusahaan tersebut untuk memberikan kondisi kerja yang lebih baik dengan aliran serta kontrol proses operasional yang lebih baik.

Sehingga peningkatan kepuasan kerja, peningkatan keselamatan serta kesehatan para pekerja pun tercapai.

Konsistensi dari produk atau jasa yang dihasilkan dari prosedur sistem manajemen dan sistem kerja yang teratur dapat menjadi lebih baik dengan adanya penerapan standar ISO 9001 terutama untuk kualitas dan mutu kerja yang selalu diukur dan dinilai.

Manfaat ISO 9001 dengan mudah dapat memastikan tindakan perbaikan selalu dilakukan pada saat terjadi kecelakaan atau cedera terhadap karyawannya yang merupakan salah satu poin penting untuk mempertahankan reputasi dari perusahaan tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *